Mahasiswa PG-PAUD Unimar mengikuti kegiatan PKLH

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin (Unimar) mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKL) yang berfokus pada penanaman kesadaran pengelolaan lingkungan hidup dan kewirausahaan kreatif kepada masyarakat. Kegiatan PKL ini dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Maret 2024, di Gedung DPW PKB Provinsi Banten.

PKL ini merupakan bagian dari program Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PGLHK) yang bertajuk “Bimbingan Teknis Wirausaha Kreatif Pengelolaan Lingkungan Hidup Menuju Generasi Sadar Iklim”. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari unsur pengurus Organisasi Nasyiatul Aisyiyah dan lembaga/komunitas masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup.

Acara pembukaan PKL ini dihadiri oleh Sinta Saptarina Soeminarno, Kepala Pusat PGLHK, Zakaria Syafei, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Prov. Banten, Unaimah Sanaya, Ketua Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Prov. Banten, Penyuluh LH PGLHK bidang Pembinaan Wirausaha Kreatif, dan Abustomih dari yayasan jalantara sebagai narasumber.

Tujuan utama PKL ini adalah untuk:

  • Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang aksi-aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.
  • Membimbing masyarakat dalam melakukan wirausaha kreatif melalui pengelolaan dan pemanfaatan sampah/limbah bernilai ekonomi.
  • Memberikan edukasi kepada para perempuan muda dan masyarakat pada umumnya tentang pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga yang ramah lingkungan.

Kegiatan PKL ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan mendorong mereka untuk menjadi wirausahawan kreatif yang ramah lingkungan.