PROSPEK KERJA LULUSAN S1 PG PAUD

  1. Pendidik Anak Usia Dini

Sesuai dengan nama jurusannya, prospek kerja lulusan Prodi PG PAUD yang pertama adalah menjadi seorang guru atau pendidik di lembaga PAUD (PAUD, SPS, TK, KB, RA, Daycare). Lulusan dapat berkarir menjadi seorang guru atau pendidik PAUD di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan, tidak sedikit program pemerintah yang memfasilitasi guru-guru PAUD untuk studi banding atau pertukaran guru di luar negeri.

2. Pemilik Lembaga PAUD

Jika ingin menjadi owner suatu sekolah, lulusan S1 PG PAUD UNIMAR tentu dapat menjadi tempat yang tepat. Karena mahasiswa dibekali dengan mata kuliah yang tidak hanya teori tapi juga praktek mengenai kewirausahaan. Para lulusan dapat menjadi seorang pemilik lembaga PAUD yang membuka lapangan perkejaan untuk sekitar dalam hal pendidikan anak usai dini. Jika bekerjasama dengan para ahli lainnya seperti seorang terapis atau psiaktris anak, maka dapat juga membuka peluang usaha memiliki lembaga terapis anak.

3. ASN (Aparatur Sipil Negara)

Lulusan Prodi PG PAUD dapat diangkat menjadi PNS sebagai tenaga pengajar di sekolah-sekolah negeri yang dikelola pemerintah. Selain itu, lulusan Prodi PG PAUD juga dapat mengikuti seleksi PNS untuk mengisi jabatan-jabatan formal di sektor pendidikan, seperti dinas pendidikan dan kebudayaan, kementrian agama, dan masih banyak lagi. Saat ini, guru PAUD menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) melalui program PPPK (P3K).

4. Konsultan Pemerhati Anak

Konsultan pemerhati anak dari lulusan PG PAUD UNIMAR?? Emang Bisa??? Bisa banget dong!!! Karena di dalam sebaran kurikulum, peserta mahasiswa akan dibekali dengan keilmuan tentang anak. Ga cuma itu, Mereka juga akan mendapatkan kuliah dengan dosen tamu dari berbagai kalangan yang tentunya berhubungan dengan setiap mata kuliah yang menyangkut tentang perkembangan Anak. Seru kan????

5. Akademisi/Dosen

Akademisi atau dosen dari lulusan PG PAUD UNIMAR??? iyaaahhh… asal ada syaratnya, kita melanjutkan kuliah strata 2 atau program pascasarjana lagi, dengan jurusan yang sama, yaitu PAUD. nah setelah itu tentu kita bisa mengmbangkan sayap kita di dunia perguruan tinggi. Baik Perguruan tinggi swasta maupun Negeri.

6. Wirausaha

Jika teman-teman tidak tertarik menjadi guru, dan merasa punya bakat dalam mengembangkan usaha, jurusan ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan. Adapun beberapa peluang usaha dari jurusan PG PAUD adalah, teman-teman bisa menjadi pengusaha les private untuk anak usia dini. Menjadi pengusaha les private yang tidak boleh dipandang sebelah mata karena teman-teman memiliki Ijazah S1. Selanjutnya adalah menjadi pengusaha APE (Alat Permainan Edukatif) yang bisa teman-teman ciptakan sendiri. Lalu teman-teman juga bisa menjadi pengusaha makanan sehat ramah anak, hal ini berhubungan dengan mata kuliah di semester 3 karena mahasiswa mendapatkan Mata Kuliah Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini. Selain itu, teman-teman juga bisa membuka sanggar tari dan lagu anak. Hal ini juga sesuai dengan bekal yang telah dan akan teman-teman pelajari di beberapa semester selama perkuliahan di PG PAUD UNIMAR.

7. Penulis Buku Tema Anak

Untuk yang punya bakat menulis, tentu saja kalian bisa mengembangkan bakat mu di Prodi ini dan bisa juga dijadikan kesempatan untuk berkarier dan berkembang setelah lulus lho. Selama perkuliahan berlangsung, Mahasiswa PG PAUD UNIMAR akan di berikan bimbingan oleh dosen-dosen untuk menulis. Entah menulis bersama dosen, ataupun Individu.

8. Narasumber Seminar Parenting

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah Pengabdian Kepada Masyarakat dan dalam mata kuliah ini, mereka akan dilatih untuk memberikan ilmu yang sudah didapatkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dari sini, bakat mereka untuk mejadi narasumber seminar parenting akan di asah. So, tunggu apa lagi??? Ayo Daftar di PG PAUD UNIMAR!

9. Pendongeng

Pendongeng juga bisa dijadikan pilihan jika teman-teman menjadi lulusan PG PAUD UNIMAR. Terlebih, dalam hal ini, tidak ada satu orang pun anak di dunia yang tidak suka mendengarkan dongeng. Nah menjadi pendongeng yang disukai anak-anak, dan menguasai tekhnik panggung, tentu saja akan teman-teman dapatkan jika menjadi mahasiswa PG PAUD UNIMAR.

10. Konten Kreator

Content Creator pada saat sekarang ini juga sudah menjadi salah satu pilihan dalam mengembangka karier. Selama perkuliahan pun, Mahasiswa PG PAUD akan dibiasakan dan di akrabkan dengan membuat content-content tentang anak dari hasil perkulihan bersama dosen. Jadi jika ingin lebih serius dalam hal ini, tentu saja akan lebih muda langkahnya bukan.

 

Demikian 10 Prospek Kerja Lulusan PRODI PG PAUD UNIMAR. Tidak melulu jadi guru PAUD/TK Bukan?? So,,, tunggu apa lagi, mari bertumbuh, berproses dan lebarkan sayap potensi diri Anda bersama PRODI PG PAUD UNIMAR.